Cara Setting Android Virtual Device (AVD), Android Emulator, dan Gadget

Selamat buat kalian semua yang sudah melanjutkan sampai tahap ini. Untuk selanjutnya, ada 3 cara untuk mencoba apakah aplikasi (mobile app) yang kita buka bisa berjalan dengan baik atau tidak, yaitu dengan menggunakan :

  1. Android Virtual Device (AVD)
  2. Third Party Android Emulator
  3. Android Gadget

1. Android Virtual Device (AVD)

Sudah banyak tutorial yang meng-cover tata cara pembuatan AVD, maka dari itu kami tidak ada menulis ulang. Berikut adalah beberapa tutorial yang dapat kita pelajari :

Hanya saja AVD ini berjalan dengan cukup lambat, sehingga kadang-kadang membuat semangat belajar android kita menurun. Oleh sebab itu kami merekomendasikan cara kedua, yaitu dengan 3rd Party Android Emulator; atau cara ketiga, yaitu dengan menkoneksikan android gadget anda.

Cara ke-3 adalah cara yang paling cepat, jika laptop / komputer anda tidak mempunyai spesifikasi yang cukup canggih.  Rekomendasi dari kami adalah mencoba cara ke-2 dulu, dan jika dirasakan masih lambat maka beralihlah ke cara ke-3.

2. Third Party Android Emulator

Selanjutnya kita akan belajar menggunakan Android Emulator 3rd Party, karena menurut pengalaman kami, AVD bawaan dari Android sangat lambat. Pilihan untuk 3rd party android emulator adalah BlueStacks danGenymotion.

Kita disini akan menggunakan Genymotion karena penggunaanya lebih mudah dan lebih cepat. Tutorial Instalasi Genymotion dapat ditemukan di :

3. Android Gadget

Menggunakan smartphone android anda untuk melakukan run aplikasi anda adalah cara tercepat, yang perlu anda lakukan hanyalah mengaktifkan Developer Mode pada Android anda. Berikut adalah beberapa tutorial tentang cara aktivasi USB debugging mode :

Setelah debugging mode aktif, anda hanya tinggal mengkoneksikan smartphone Android anda ke PC / Laptop anda pada kabel USB, dan Android Studio akan mengenalinya sebagai pilihan target ketika anda melakukan build  / run.