Android Material Design

Android Material Design adalah desain standar yang sekarang digunakan oleh Google sebagai acuan pengembangan Android, terkhusus untuk Android Lollipop dan versi terbaru.

Android Material Design
Android Material Design

Perubahan yang sangat banyak dilakukan oleh Tim Android terhadap pengembangan Android sangat membuat para pengembang dan user merasakan hal yang baru dalam mengembangkan dan menggunakan setiap aplikasi android yang mengadopsi material design ini. Perpaduan warna yang pas sehingga sangat indah dilihat.

Bagi para developer sendiri untuk dapat menggunakan material design ini mereka harus menggunakan support library AppCompat 21+ agar semua device termasuk android KitKat dan versi sebelumnya dapat menikmati material design juga.

Library

Pada dasarnya, Android Material Design membawa beberapa elemen layout baru yang sebelumnya tidak ada pada Android, seperti :

  • RecyclerView : elemen baru yang menggantikan ListView untuk menampilkan data dengan lebih dinamis dan fleksibel
  • CardView : desain mirip frame layout yang bisa diberi shadow dan mempunyai level elevasi. Mirip seperti card layout pada Google Now.
  • Toolbar : penerus dari ActionBar, lebih advanced dan lebih kaya animasi
  • Palette : sebuah class baru yang berfungsi untuk mengekstrak warna dari suatu gambar

Element layout yang tidak ada pada support library AppCompat 21 antara lain :

  • Ripple Drawable
  • beberapa style pada tombol (Floating Action Button), Alert Dialog, dan sebagainya

Material Design juga membawa perubahan UI/UX baru ke beberapa elemen dasar di Android, seperti Spinner, EditText (TintedEdittext), Switch, Button, CheckBox, ProgressBar dan masih banyak lagi.

Material Design Element
Material Design Element

dan sekarang saat kita sebagai developers menggunakan material design sebagai acuan dalam membuat UI/UX yang menarik bagi para user dan pada akhirnya kita mendapatkan feedback positif dari user kita.

happy Coding!